Kamis, 23 Juni 2011

Belajar Efektif

Strategi Belajar Efektif !!!!!!!!!!


    Belajar adalah proses mengetahui bagaimana caranya membaca dan memahami data sehingga kamu bisa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari .
      Keberhasila dalam belajar akan memunculkan kepuasaan diri dan kesuksesan
   Belajar akan terasa menyenangkan apabila kamu para remaja terutamanya mengetahui bagaimana caranya???? Tenang disini ada beberapa cara nya .Belajar hanya terasa berat apabila menemui hambatan-hambatan beljar dan tidak tahu bagaimana mengatasinya.Hambatan –hambatan dalam belajar itulah yang kerap menyebabkan kamu tidak mau belajar atau tidak bisa berkonsentrasi sehingga jadi Tu- La- Lit  alias telat mikir 
Denagn demikian buatlah strategi belajar yang efektif yang paling sesuai untukmu agar kamu dapat mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar tersebut.
Tip’s-Tip’s belajar yang Efektif
1.    Suasana hati.  Ciptakan selalu mood yang positif untuk belajar .ini bisa dilakukan untuk menentukan waktu lingkungan,dan sikap pribadimu.
2.    Pemahaman.Tandai informasi bahan pelajaran yang TIDAK kamu mengerti dalam satu unit .Fokuskan pada satu Unit tersebut atau pecahkan permasalahan dalam kelompok latihan bersam teman-teman.
3.    Ulang. Setelah belajar satu unit, berhentilah dan ulang bahan dari unit tersebut dengan kata-kata yang kamu buat sendiri.
4.    Telaah. Kembalilah kepada unit kamu yang tidak mengerti dan PELAJARI KEMBALI metri tersebut.Lihatlah Informasi yang terkait pada Artikel ,Buku teks,dan sumber lainnya ,dan diskusikan dengan teman atau Guru
5.    Kembangkan Pada langkah ini ,tanyakan 3 persoalan berikut terhadap meteri yang telah kamu pelajari:
•    Andaikan saya bertemu dengan penulis materi tersebut,pertanyaan atau kritik apa yang saya ajukan???
•    Bagaimana saya bisa mengaplikasiakn materi tersebut ke dalam hal yang saya sukai???
•    Bagaimana saya membuat Informasi ini menjadi menarik dan mudah di fahami oleh para siswa /mahasiswa lainnya???
6.Kembangkan dan Pelajari Kembali.  Pelajari kembali materi pelajaran yang sudah di pelajari.Ingatlah strategi yang telah membantumu mengerti dan mengingat informasi .jadi terapkan stratei tersebut untuk cara belajar selanjutnya..

@ www.zaenalramdhani.blogspot.com    
   

   

0 Comment's:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...